Kamis, 17 November 2016

Pentingnya Pendidikan Tentang Pelestarian Lingkungan Hidup.

Kerusakan Lingkungan

 
http://engkoskoswara.blogspot.co.id/2011/06/kerusakan-lingkungan-adalah-buah.html
 


Alam semesta saat ini sudah mulai tua. Termasuk lingkungan kita sekarang sudah mulai memprihatinkan. Banyak ancaman serius terhadap masa depan manusia, mulai dari perubahan iklim serta lenyapnya ozon sampai ke polusi udara dan terkontaminasi dengan bahan beracun.
Rusaknya alam bisa disebabkan oleh faktor alam dan juga faktor manusia. Kerusakan lingkungan yang ditandai dengan hilangnya sumber daya tanah, air, udara, punahnya fauna liar, serta kerusakan ekosistem. Lingkungan alam termasuk tanah, air, hutan, dan udara perlu dijaga supaya SDA tetap lestari dan menghasilkan manfaat yang maksimal dengan memperhatikan komponen biotik dan abiotiknya.
Akan tetapi, manusia saat ini semakin serakah dan tidak memperhatikan lingkungan manusia dengan seenaknya menebang hutan secara liar, membakar hutan untuk keperluan perluasan wilayah disuatu lahan hijau, memperluas adanya pabrik-pabrik tekstil dan lain sebagainya, tanpa memperhatikan generasi-generasi berikutnya di masa yang akan datang. Saat lingkungan rusak, hal ini berdampak pada ekosistem darat, laut, dan semua makhluk yang ada didalamnya. Alam yang rusak, tidak akan lagi menyediakan bahan makanan dan habitat yang sesuai untuk kehidupan makhluk didalamnya.
Indonesia, salah satu negara paling kaya dengan rempah-rempah dan alamnya, seharusnya kita bisa lebih menjaga dan mengelola kekayaan di negeri kita ini dengan baik. Mengolah kekayaan yang dimiliki semaksimal mungkin agar negara ini menjadi lebih maju. Tidak menebang hutan secara liar, dan tidak membuang sampah sembarangan. Indonesia harus menjadi negara yang mandiri karena kekayaan alam yang dimiliki dan tidak selalu tergantung perusahaan asing yang ada di Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar