Kamis, 08 September 2016

Laporan Hasil Observasi
"Buah Naga" 
(Devia Deniyanti)
       

        Buah naga adalah buah dari beberapa jenis kaktus dari marga hylocereis dan selenicereus. Hylocereus hanya mekar pada malam hari. Buah naga dibedakan menurut jenis-jenisnya, khasiat-khasiatnya, pembudidayaannya dan manfaat buah naga akan diuraikan berikut ini. Buah yang bentuknya khas ini cocok dikonsumsi oleh semua kalangan usia, berbagai nutrisi yang dikandung buah ini bagus untuk kesehatan bayi, balita, anak-anak, hingga orang dewasa, dan orang tua.            Ada empat jenis buah naga, dua jenis buah naga daging berwarna merah dengan kulit berwarna merah muda atau merah, dan dua jenis buah naga daging berwarna putih dengan kulit berwarna merah atau kuning. Keempat macam buah naga ini pada dasarnya sama-sama memiliki manfaat luar biasa untuk kesehatan, hanya saja diantara masing-masing sedikit berbeda tingkat kandungan nutrisinya. Khasiat-khasiat buah naga diantaranya :

- Mencegah Kanker

- Bagus Untuk Jantung

- Mencegah dan Mengatasi Diabetes.              Pembudidayaan buah naga pada umumnya, buah naga dibudidayakan dengan cara stek atau penyemaian biji. Tanaman akan tumbuh sumbur jika media tanam porous (tidak becek), kaya akan unsur hara, berpasir, cukup sinar matahari, dan bersuhu antara 38°-49°C. Jika perawatan cukup baik, tanaman akan mulai berbuah pada umur 11-17 bulan. Buah naga sangat adaptif dibudidayakan diberbagai daerah dengan ketinggian 0-120 m dpl.

         Buah harus dibelah hingga daging buahnya terlihat ketika akan dikonsumsi. Tekstur buahnya terlihat sering disamakan dengan buah kiwi karena bijinya yang hitam dan renyah. Biji buah naga memiliki rasa pedas, serta kaya akan liprol, bijinya harus dikunyah karena sulit dicerna oleh tubuh. Selain bisa dimakan langsung buah naga juga dapat diolah menjadi berbagai bentuk makanan dan minuman seperti sup, salad, keripik, agar-agar, jus buah, bubur mutiara, dan sebagainya.

        Buah naga merah sebagai salah satu buah yang memiliki banyak manfaat untuk membantu mengatasi dan membantu menyembuhkan berbagai penyakit. Mulai dari batang buah naga, daging buah naga, sampai kulit buah naga juga banyak memiliki kandungan vitamin dan zat yang sangat bermanfaat. Dokter juga sangat merekomendasikan buah sebagai konsumsi yang bisa digunakan untuk terapi dalam penyembuhan suatu penyakit.


7 komentar: